8 Kebiasaan Penting yang Bisa Membuat Mata Kamu Sehat dan Bersinar!

Mata merupakan aset penting bagi setiap orang, terlebih bagi wanita. Keindahan mata menjadi aspek tersendiri yang perlu diperhatikan. Bukan hanya indah, namun juga mata harus tetap sehat. Untuk mendapatkan keduanya anda bisa melakukan kebiasaan sederhana ini. Dinamakan kebiasaan karena hal berikut perlu dilakukan secara kontinu (terus-menerus), karena itu butuh waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak ada salahnya jika anda menerapkan kebiasaan berikut mulai saat ini.

1. Pola Makan Sehat

Pola makan sehat via health.liputan6.com
Pola makan sehat via health.liputan6.com

Kesehatan mata tentu saja ditunjang dari makanan yang dikonsumsi. Perlu adanya pola terkontrol dalam makanan agar berdampak baik pada kesehatan mata. Makanan yang berprotein tinggi dan kaya vitamin menjadi faktor pendukungnya. Seperti salmon yang mengandung asam lemak Omega-3, asam folat, vitamin A, vitamin D, vitamin B6 dan vitamin B12 sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu terdapat telur, sebagai bahan makanan yang mudah dan ekonomis, telur juga mengandung banyak nutrisi. Diantaranya vitamin A, zinc, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan cystein.

Dari jenis sayuran juga tak kalah banyak kandungan nutrisinya. Brokoli, bayam, tomat, bawang putih, dan wortel sebagai contohnya. Terutama wortel dan tomat yang banyak mengandung nutrisi penting untuk kesehatan mata seperti beta-carotene yang merupakan tipe vitamin A pemberi warna oranye serta vitamin C yang tinggi , dapat membantumu memaksimalkan kerja retina dan bagian mata yang lain. Jadi jangan bosan-bosan melengkapi menu makan kamu dengan yang lebih sehat.

2. Biasakan Membaca dengan Cahaya yang Cukup

Membaca dengan cahaya yang cukup via kspeechkids.ca
Membaca dengan cahaya yang cukup via kspeechkids.ca

Sebelum membaca atau menulis, perlu diperhatikan pencahayaan atau penerangan sekitar anda. Penerangan yang berlebih atau penerangan yang kurang dapat mengganggu kerja mata. Jika penerangan kurang, maka kerja mata menjadi semakin tinggi, sehingga menyebabkan mata menjadi cepat lelah. Sedangkan penerangan yang berlebih juga tidak baik untuk kesehatan mata. Mata menjadi kurang fokus untuk melihat pada intensitas rendah setelahnya.

Lalu pencahayaan yang bagaimana semestinya diterapkan? Mata dapat mengidentifikasi benda pada panjang gelombang 400 sampai 700 nm. Namun demikian mata yang telah beradaptasi dengan cahaya biasanya memiliki sensitifitas maksimum pada 555 nm. Panjang gelombang ini dapat ditemukan pada lampu susu dengan kauatan 60 watt. Angka ini merupakan angka yang disarankan untuk pencahayaan mata normal.

3. Waktu Tidur yang Baik

Atur pola tidur yang baik via sitkes.com
Atur pola tidur yang baik via sitkes.com

Jika kebiasaan kamu sering lembur hingga larut malam, maka segeralah menghentikan kebiasaan tersebut jika tidak ingin kesehatan mata anda terganggu. Karena jam tidur yang kurang dapat berdampak buruk pada kesehatan dan ketajaman mata. Mata menjadi cepat lelah dan terbentuknya kantung mata.

Pola tidur yang kurang tepat dapat menimbulkan beberapa efek buruk pada mata atau daerah sekitar mata, salah satunya terbentuk kantung mata. Kantung mata bisa terbentuk ketika seseorang mengalami kekurangan tidur atau kelebihan waktu tidur, bisa juga terjadi karena kelelahan. Adapun ciri adanya kantung mata dapat dilihat dari warna yang menghitam, bengkak ringan pada daerah tersebut, dan kulit sekitar kantung mata kehilangan elastisitasnya.
Tentu saja kamu tidak ingin mendapat kerugian tersebut, bukan? Maka segeralah benahi pola tidur kamu mulai sekarang.

4. Cek Kesehatan Mata

Cek kesehatan mata via artikeldokter.com
Cek kesehatan mata via artikeldokter.com

Tak banyak orang yang menyadari bahwa pemeriksaan kesehatan mata sangat penting dilakukan secara teratur. Dalam hal ini pemeriksaan dilakukan bukan hanya ketika mendapat keluhan, namun pemeriksaan teratur mengenai perkembangan kesehatanpun perlu dilakukan secara rutin ke Rumah Sakit Terdekat.

Kemampuan penglihatan mata dari waktu ke waktu akan berbeda, untuk itu perlu adanya pengawasan lebih dini untuk mengetahui kondisi mata kamu. Pengawasan yang baik dilakukan oleh dokter yang ahli dibidangnya yaitu dokter spesialis mata. Pemeriksaan kesehatan mata ini setidaknya dilakukan sekali dalam setahun. Yuk, cek kesehatan mata kamu sekarang!

5. Hindari Hal Buruk yang Dapat Merusak Mata

Membaca sambil berbaring via merdeka.com
Membaca sambil berbaring via merdeka.com

Kebiasaan membaca sambil tiduran sering tak disadari bahayanya karena kerugiannya bukan secara langsung terjadi dari kebiasaan ini. Namun ada beberapa faktor yang memang terjadi didalamnya. Misalnya karena jarak pandang mata dengan buku menjadi tidak terkontrol, atau karena pencahayaan yang kurang sempurna, dan sebagainya.

Saat posisi seperti ini jarak pandang mata untuk membaca menjadi kurang terkontrol, hal ini menyebabkan kerja mata menjadi semakin keras untuk memfokuskan bacaan sekaligus mencerna bacaan. Akibatnya mata menjadi cepat lelah. Kekurangan lain misalnya dari segi pencahayaan, penerangan yang berasal dari atas menjadi terhalang jika anda berada diposisi ini. Hal itu membuat pencahayaan kurang sempurna untuk sampai ke mata. Dengan demikian, sangat dianjurkan untuk menghindari kebiasaan membaca sambil tiduran.

6. Stop Mengucek Mata

Bahaya mengucek mata via liputan6.comBahaya mengucek mata via liputan6.com

Saat mata kering, gatal, terkena debu, dan berair, serta sesaat setelah bangun tidur, kebiasaan mengucek mata pasti dilakukan. Hal ini dapat memperburuk penglihatan, karena pelemahan fungsi retina yang sering mendapatkan tekanan secara terus-menerus. Akibatnya mata menjadi kurang fokus untuk melihat pada jarak jauh. Kebiasaan mengucek mata dalam waktu yang lama juga akan menyebabkan kerusakan saraf, karena terganggunya aliran darah kebelakang mata.

Adapun langkah sederhana untuk mengurangi kebiasaan mengucek mata adalah dengan menggunakan obat tetes mata untuk mengobati mata kering, iritasi, dan gatal. Selain itu, perlu juga menghindari kebiasaan mengucek mata sesaat setelah bangun tidur. Dengan bantuan tissue basah, anda dapat membersihkan atau mengurangi rasa gatal pada mata.

7. Lindungi dari Sinar Matahari Langsung

Lindungi mata dari sinar matahari langsung via kompas.com
Lindungi mata dari sinar matahari langsung via kompas.com

Paparan langsung sinar matahari dapat mengurangi kerja mata. Hal ini juga berbahaya bagi bagian mata yang paling penting dalam menguraikan panjang gelombang cahaya yaitu retina. Untuk itu hindari paparan langsung dengan menggunakan kacamata jika berada diluar ruangan.

Kacamata dapat digunakan untuk perlindungan mata dan daerah sekitar mata terhadap benturan atau gangguan partikel merugikan. Kacamata juga memiliki kemampuan untuk menghalau silau karena memiliki lensa polarized. Dalam hal ini jika terlalu sering menatap benda yang silau dapat menyebabkan migraine, sakit kepala, dan kelelahan pada mata.

Maka sangatlah penting bagi anda untuk menjaga kesehatan mata, memberikan perlindungan pada mata merupakan salah satu langkahnya. Mulailah dari menggunakan kacamata jika beraktivitas diluar ruangan.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih via vemale.com
Perbanyak minum air putih via vemale.com

Semua orang telah mengetahui manfaat besar air putih ini. Baik manfaat secara global yaitu untuk kesehatan tubuh, maupun kesehatan secara lokal yang dalam hal ini untuk kesehatan mata. Air putih mengandung elektromagnetis dan proton yang baik untuk kesehatan tubuh. Elektromagnetis ini dapat menetralisir medan elektromagnetis negatif elektron. Air putih dapat membantu untuk mencerahkan mata, membuat mata menjadi bening, dan mempertajam pandangan.

Secara normal air putih dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 2,5 liter atau setara dengan 8 gelas yang berukuran besar setiap harinya. Begitu banyak manfaat yang didapatkan air putih, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsinya secara teratur dan sesuai kebutuhan yang dianjurkan tersebut.

Jadi, jangan sampai anda bermalas-malasan untuk melakukan kebiasaan sederhana tersebut jika inginkan mata indah dan sehat, mulailah sedini mungkin. Untuk hidup sehat tidak ada ruginya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *