10 Hal Sederhana ini Ternyata Dapat Menjaga Kesehatan Tubuh Kita!

Sumber: urglamour.com
Sumber: urglamour.com

Kesehatan adalah suatu hal yang sangat penting. Karena ketika sakit, kita bukan saja akan mengeluarkan biaya yang lumayan banyak, tetapi juga akan kehilangan momen-momen berharga bersama orang-orang yang kita sayangi, belum lagi jika kita harus menunda pekerjaan dan tugas-tugas. Oleh sebab itu, demi menjaga kesehatan, banyak orang yang tidak segan-segan melakukan berbagai cara.

Ada orang-orang yang meluangkan waktu untuk olahraga teratur di tempat kebugaran, mengkonsumsi berbagai multivitamin, mengikuti pelatihan dan seminar-seminar kesehatan, dan berbagai hal lain. Tetapi untuk orang-orang tertentu, hal-hal tersebut dianggap sulit untuk dilakukan. Apakah menjaga kesehatan sedemikian sulit dan melelahkan?

Ternyata ada hal-hal yang sangat sederhana, yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan kita.

1. Jangan diam saja ketika menaiki eskalator

Orang-orang di Indonesia punya budaya buruk ketika menaiki eskalator di mall atau di tempat-tempat umum. Coba kita perhatikan di tayangan luar negeri, sebagian besar dari mereka tidak diam saja ketika menaiki eskalator, melainkan akan tetap berjalan. Mereka melakukan hal ini karena menyadari bahwa dengan tetap berjalan, mereka akan sampai lebih cepat, dan tentu saja dapat dilakukan sebagai olahraga kecil yang menyehatkan.

2. Bawalah air putih kemana saja anda pergi

Pernah membaca atau mendengar manfaat air putih bagi kesehatan kan? Karena tubuh kita 70-90% terdiri dari cairan, maka air putih dapat memenuhi kebutuhan tubuh kita akan cairan yang sudah keluar karena berbagai aktivitas. Air putih juga akan membantu pekerjaan ginjal kita dan sebagai sarana mengeluarkan racun-racun dari tubuh lewat air seni dan keringat.

Banyak orang akan lebih memilih minuman berwarna ketimbang air putih, karena rasanya yang hambar. Adapula yang malas minum air putih karena tidak mau repot membelinya setiap keluar rumah. Namun, jika kita membawa air putih dari rumah dalam botol minum kita, kita akan lebih praktis jika tiba-tiba merasa haus. Jika kita sudah membawah air putih sendiri, kita juga akan berpikir dua kali untuk membeli minuman berwarna.

3. Biarkan matahari pagi menyentuhmu

Lihatlah jendela kamarmu, apakah selalu tertutup sehingga menghalangi masuknya matahari pagi? Atau apakah ketika sedang beraktivitas di luar rumah di pagi hari, anda memakai jaket atau payung? Mulai sekarang, ubahlah kebiasaan itu. Bukalah jendela kamarmu di pagi hari, lepaskan jaket dan tidak perlu memakai payung ketika beraktivitas di luar. Hal ini akan membuat tubuhmu terkena matahari pagi. Seperti yang sering kita dengar sejak zaman sekolah dasar dulu, bahwa matahari pagi mengandung vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang kita.

4. Bernyanyilah sambil beraktivitas

Apakah kamu sering melakukan hal ini? Bernyanyi di kamar mandi, saat membersihkan rumah, saat mencuci piring, atau saat melakukan aktivitas lain. Dahulu orang-orang menganggap bahwa hal ini dilakukan untuk menambah semangat dan keceriaan, tetapi baru-baru ini sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan bernyanyi, sistem kekebalan tubuh kita akan semakin kuat.

Tetapi hal yang perlu kita perhatikan adalah konten atau kata-kata dari lagu yang kita nyanyikan. Tidak jarang lagu yang kita nyanyikan justru membuat kita merasa sedih dan marah. Jadi, ketika beraktivitas, lakukanlah sambil menyanyikan lagu-lagu ceria yang dapat menghilangkan stres dan membuat hati bahagia.

Sumber: science.howstuffwork.com
Sumber: science.howstuffwork.com

5. Renggangkan badan di tengah aktivitas

Tidak jarang kita merasa pegal-pegal ketika habis duduk lama atau mengerjakan pekerjaan tanpa istirahat. Cobalah meregangkan badan sebentar ketika merasa sudah mulai lelah. Meregangkan badan dapat membuat otot-otot yang tegang kembali seperti semula, dan membuat badan lebih rileks.

Meregangkan badan dapat dilakukan dengan berdiri sebentar dan merentangkan tangan. Dapat pula dilakukan dengan berjalan sebentar untuk mengambil air minum. Buatlah otot-ototmu dapat bergerak dengan posisi yang berbeda seperti sebelumnya.

6. Jangan tidur terlalu larut
Banyak orang yang memiliki kebiasaan tidur di saat subuh, entah karena banyaknya tugas yang harus dikerjakan sepanjang malam, atau karena terserang insomnia. Tetapi sebagian besar hal ini terjadi sebagai pola karena kebiasaan. Padahal, dibanding hal-hal baik, ada banyak hal-hal buruk yang dapat ditimbulkan.

Tidur terlalu larut akan membuat kita bangun kesiangan. Padahal pada umumnya orang-orang memiliki banyak hal yang harus dikerjakan di pagi hari. Selain itu, jika dikaitkan dengan kesehatan, tidur terlalu larut akan merusak kesehatan. Hal ini dikarenakan sel-sel tubuh kita akan bekerja untuk memperbaiki diri di malam hari, ketika kita masih beraktivitas di malam hari, hal ini akan mengganggu kinerja sel-sel tubuh kita, sehingga sel-sel tersebut tidak dapat maksimal dalam perbaikannya. Bahkan hal ini dapat berujung pada penyakit kanker.

Mulailah mencoba untuk tidur lebih cepat di malam hari, meskipun awalnya sulit, tetapi lama kelamaan tubuh kita akan terbiasa. Kondisikanlah lingkungan kamar yang mendukung untuk kita dapat tidur dengan nyaman. Seperti mematikan lampu dan menyingkirkan suara-suara berisik yang dapat membuat kita susah untuk tidur.

7. Tidur sianglah sebentar

Tidur siang sebentar akan menolong kita untuk tetap dapat fokus bekerja sampai malam hari. Banyak orang yang mengeluh sering mengantuk di siang hari, padahal ada banyak aktivitas yang harus dilakukan. Salah satu penyebab kantuk adalah karena tubuh kita kelelahan. Tidur siang sebentar, sekitar lima belas sampai tiga puluh menit, akan membuat tubuh terasa lebih segar.

8. Selektiflah dalam memilih tontonan anda

Menonton adalah aktivitas yang sangat menyenangkan bagi sebagian besar orang. Gambar bergerak yang dilengkapi dengan suara membuat kita sulit untuk berpaling atau menghentikan aktivitas ini. Sehingga menonton biasanya akan memakan sangat banyak waktu kita.

Jika waktu yang termakan tersebut diisi dengan hal-hal yang baik atau bersifat informatif, hal tersebut mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi terkadang, kita kurang selektif memilih tontonan, sehingga bukannya menjadi penghibur dan sumber informasi, tontonan justru membuat kita lelah secara emosi, stres dan menghabiskan terlalu banyak waktu.

Oleh sebab itu, selektiflah dalam memilih tontonan. Pilihlah tontonan yang bersifat edukatif, apalagi untuk anak-anak. Atau film dan acara-acara komedi, yang dapat membuat anda tertawa dan melepaskan kesuntukan. Pilihlah film atau acara televisi yang memiliki pesan-pesan moral yang baik.

9. Perbanyaklah bersyukur

Bersyukur berarti menerima segala hal yang kita miliki dan tidak menyesali hal-hal yang tidak kita miliki, atau bahkan iri terhadap orang lain. Mengapa bersyukur baik bagi kesehatan? Karena dengan bersyukur, kita akan lebih bahagia dan tidak menjadi stres karena tuntutan-tuntutan untuk memiliki kehidupan seperti yang dimiliki orang lain. Bersyukur akan membuat kita memandang kehidupan dengan cara yang positif dan percaya bahwa di atas segala sesuatu, ada tangan Yang Maha Kuasa yang turut bekerja.

10. Murah hatilah untuk memberi

Menurut suatu penelitian, memberi akan membuat kita lebih bahagia dan bersemangat. Hal ini dikarenakan ketika kita memberi, baik benda, tenaga atau waktu, kita secara tidak langsung sedang memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Kebahagiaan orang lain karena kita, akan membuat kita juga merasa bahagia dan merasa dibutuhkan oleh orang lain. Mari peduli terhadap kebutuhan orang-orang di sekeliling kita, dan bermurah hatilah.

Sumber: huffingtonpost.ca
Sumber: huffingtonpost.ca

Bukankah kesepuluh hal-hal di atas adalah hal-hal sederhana yang bahkan tanpa sadar sudah sering kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari? Ternyata, menjaga kesehatan tidak sesulit yang kita pikirkan bukan? Selamat memiliki hidup yang sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *